Monday, February 15, 2016

Membuat Tampilan Chart Dengan Microsoft Power Map (Excel 2016)

Microsoft Power Map untuk Excel adalah alat visualisasi data tiga dimensi (3D) yang memungkinkan Anda melihat informasi dengan cara baru. Power map memungkinkan Anda menemukan wawasan baru yang tidak ditemukan pada tabel (2-D) dua dimensi tradisional.


Dengan Power Map, Anda dapat memplot data secara geografis dan pada bola dunia 3D atau peta kustom, memperlihatkan history berdasarkan waktu, dan membuat video visual,  Anda bisa berbagi dengan orang lain. Kegunaan Power Map ini antara lain untuk:
  • Memetakan data    Memplot lebih dari satu juta baris data secara visual di Bing Maps dalam format 3D dari tabel Excel atau Model Data di Excel.
  • Menemukan wawasan    Dapatkan pemahaman baru dengan menampilkan data Anda dalam ruang geografis dan melihat data bercap waktu berubah sepanjang waktu.
  • Berbagi cerita    Rekam cuplikan layar dan susun tur video sinematik dan panduan yang bisa Anda bagikan secara luas, melibatkan audiens tidak seperti sebelumnya. Atau ekspor tur ke video dan bagikan dengan cara seperti itu juga.

Untuk menampilkan Power Map, berikut langkah-langkahnya:

Buka Workbook Excel yang berisi data tabel untuk membuat Power Map.
  1. kemudian klik Ribbon Tab Insert 
  2. Klik 3D Map
  3. Klik Open 3D Maps (Alt + NSMO) di Excel Ribbon.



Membuat Power Map pertama kali

Saat Anda memiliki data Excel yang memiliki properti geografis (dalam format tabel atau dalam Model Data—misalnya, baris dan kolom yang memiliki nama kota, kabupaten, kode pos, negara/kawasan, atau garis lintang/latitude dan bujur/longitude—maka Anda siap untuk memulai. Berikut caranya:

  1. Di Excel, buka Workbook yang memiliki tabel atau data Data Model yang ingin Anda tampilkan di Power Map. 
Data model bisa berupa data tabel info garis lintang dan bujur, Negara/kawasan, Nama Provinsi, Nama Kota/Kabupaten, maupun berupa Kode Pos. Pada contoh kasus adalah data penduduk setiap kabupaten/kota pada Provinsi Jawa Barat.


  1. Klik Insert > 3D Map > Open 3D Map. 
  2. Setelah beberapa detik, bola dunia akan muncul di samping layar pertama dari Panel Layer.Pada saat Anda mengklik peta untuk pertama kalinya secara otomatis Power Map akan menampilkan window baru dan akan tersedia 3 Panel :


Tampilan Power Map untuk memvisualisasikan jumlah Penduduk per-Kabupaten/Kota di Jawa Barat

  1. Panel Layer di sebelah kanan berisi tampilan awal/default Layer 1 dengan tiga bagian sub panel : Data, Filter, dan Layer Options. Gunanya layer ini untuk menentukan data2 yang ingin ditampilkan , jenis chart, serta menentukan tampilan lainnya pada Power Map.
  2. Panel Field List untuk menampilkan field/kolom pada tabel Worksheet di data model excel yang akan digunakan pada Power Map.
  3. Panel Tour untuk menampilkan dan menambah tampilan Power Map
Biasanya Panel Layer otomatis akan membuka sub-panel dibawahnya antara lain :

  • Data, berisi tentang beberapa setting yang akan dibutuhkan Power Map untuk menyajikan tampilan antara lain Location (untuk menentukan/plot lokasi/titik), Height (untuk menentukan perhitungan chart), Category (untuk menentukan pembagian data tampilan), dan Time (untuk menentukan perjalanan waktu ketika menggunakan Tour video). 
  • Field mengandung nama2 kolom pada worksheet yang akan ditampilkan di power map.
  • Tour Editor (bagian kiri) berisi thumbnail dari semua skema/adegan animasi video untuk model data Anda dalam Power Map (secara default, hanya ada satu scene ditandai Scene 1 saat membuat tur pertama Anda).


  1. Jika Panel Layer belum ter-expand/diperluas, klik tanda panah bawah di sebelah kiri teks Layer 1 pada Panel Layer
  2. Tentukan location untuk plot lokasi pada power map dengan memilih field Nama Kabupaten Kota
  3. Padankan field Nama Kabupaten Kota dengan Country dengan mengklik panah kecil disamping tanda silang pada sub-panel Location, agar Power Map dapat mengenali tipe plot lokasinya. (dalam kasus ini, nama kabupaten dikenali sebagai country oleh Power Map)
  4. Pada sub-panel Klik tombol panah kecil dan pilih field Jumlah Penduduk untuk menentukan satuan besaran yang diinginkan pada power map.
  5. Klik Map Labels pada ribbon untuk menampilkan nama lokasi pada Peta di Power Map.


Sekarang, Anda sudah mempunyai dasar untuk menyajikan besaran data di peta dengan menggunakan Power Map, silahkan melakukan percobaan pada excel atau menunggu postingan saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment